Pengertian
struktur organisasi :
Menurut Hatch (1997 : 161)
Struktur organisasi setidak tidaknya harus dibedakan ke
dalam du aspek :struktur fisik dan struktur social . Namun sudah menjadi
kebiasaan sehingga strukturorganisasi selalu merujuk pada struktur sosial.
Struktur organisasi mengacu pada hubungan di antara elemen-elemen sosial yang
meliputi orang, posisi, dan unit-unti organisasi dimana mereka berada.
Menurut robbins (1990 : 5)
Struktur organisasi mendefinisikan bagaimana tugas-tugas
dialokasikan, siapa melapor kepada
siapa, serta mekanisme-mekanisme koordinasi formal dan pola-interaksi yang
menyertainya.
Kompleksitas.
Kompleksitas struktur menggambarkan derajat diferensiasi
dalam suatu organisasi, baik
diferensiasi horizontal, vertical, maupun spasial.
1. Diferensiasi
horizontal.
Diferensiasi
horizontal melahirkan spesialisasi dan departementasi. Spesialisasi merujuk
pada pengelompokan aktivitas tertentu yang dilakukan seorang individu dalam
organisasi.
Bentuknya
ada dua macam : spesialisasi fungsional dan spesialisasi sosial. Departementasi
merujuk pada pengelompokan berdasarkan spesialisasi-spesialisai yang ada dalam
sebuah organisasi, baik spesialisasi
fungsional maupun spesialisasi sosial.
2. Diferensiasi
vertical.
Diferensiasi
vertical adalah gambaran dari lapisan-lapisan hierarki dalam organisasi.
Factor yang menentukan adalah rentang kendali (span of
control). Rentang kendali menunjukkan
tentang berapa orang yang dikendalikan atau berada dibawah pengawasan supervisoratau
manajer.
3. Diferensiasi
spasial.
Diferensiasi spasial
menggambarkan sejauh mana fasilitas dan personel organisasi tersebar secara geografis.
Formalisasi.
Adalah menyangkut jumlah atau
banyaknya aturan tertulis (written rules) dalam suatu organisasi.
Formalisasi dalam organisasi
dapat dilakukan dengan dua pola: (1) melalui aturan, prosedur, dan sanksi-sanksi regulative yang disusun oleh
pengelola organisasi, atau(2) melalui
rekrutmen terhadap tenaga-tenaga professional yang telah terdidik dengan nilai- nilai, norma, dan pola perilaku
sesuai profesi mereka.
Sentralisasi.
Sentralisasi di definisikan
sebagai sejauh mana otoritas formal untuk membuat pilihan- pilihan bebas terkonsentrasi pada
seseorang, sebuah unti, atau suatu level(biasanya berposisi tinggi dalam organisasi), sedemikian rupa sehingga
para pegawai (biasanya berposisi
rendah dalam organisasi) hanya di mungkinkan memberikan input yang seminimal mungkin dalam pekerjaan.
Karakteristik struktur organisasi di bedakan menjadi 3 :
Organisasi Organik :
Ciri-ciri organisasi organic
adalahkompleksitas yang rendah(diferensiasi secara vertical, horizontal, dan spasial berusaha untuk dikurangi),
formalisasi yang rendah(aturan, prosedur,
dan kebijakan-kebijakan yang diupayakan seminimal mungkin), dan sentralisasi yang juga rendah(wewenang
pengambilan keputusan diusahakan di delegasikan sebanyak mungkin kepada
level bawah),
Organisasi Mekanistik :
Organisasi mekanistik adalah
kebalikan dari organisasi organic.
Organisasi Birokratik :
Memiliki banyak kemiripan
dengan organisasi mekanistik karena dimensi kompleksitas dan formalisasinya sama-sama tinggi.
Perbedaannya adalah pada tingkat sentralisasi
Comments
Post a Comment